Pages

Powered by Blogger.

Seni Budaya Indonesia

Seni Budaya Indonesia

Seruit Khas Lampung

Tuesday 28 January 2014

Seruit Khas Lampung

            Seruit adalah makanan khas provinsi Lampung, Indonesia, yaitu masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. Jenis ikan adalah besarnya ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, ditambah lalapan. Sedangkan minumannya adalah serbat, terbuat dari jus buah mangga kwini. Di toko-toko makanan dan oleh-oleh, juga terdapat makanan khas yaitu sambel Lampung, lempok (dodol), keripik pisang, kerupuk kemplang, manisan dll.
Aktivitas makan Seruit disebut juga dengan istilah Nyeruit, yang berarti kegiatan makan yang dilakukan bersama- sama. Oleh karena itu, untuk menikmati hidangan Seruit, akan terasa lebih nikmat jika dilakukan secara bersama, apalagi bersama dengan anggota keluarga lainnya.
Bagi masyarakat Lampung, Seruit bukan hanya sekedar makanan, namun juga merupakan bagian tradisi dan kebudayaan Lampung karena makanan ini melambangkan kebersamaan diantara anggota keluarga masyarakat Lampung.

Rasa Seruit yang pedas, asem dan manis, akan membuat anda tak akan berhenti untuk terus mencicipi makanan ini hingga habis. Tentu anda yang tertarik untuk mencicipi Seruit, namun jenis makanan ini cukup sulit di temukan di rumah- rumah makan di Lampung karena Seruit lebih dikenal sebagai hidangan rumahan. Namun karena bahan- bahan yang dibutuhkan dan cara membuat makanan ini cukup mudah, anda bisa membuatnya di rumah dan menikmatinya bersama anggota keluarga anda.

Resep Seruit Khas Lampung

1.       Bahan-bahan:
·         500 gr ikan patin (atau bisa dengan ikan mas)
·         1/2 sdt garam
·         1 buah jeruk nipis
2.       Bahan Sambal:
·         1 bungkus terasi udang
·         50 gr cabe keriting
·         100 gr tomat ceri
·         3 butir bawang merah
·         garam secukupnya
·         tempoyak (duren fermentasi)
·         1 buah mangga, iris-iris sekecil mungkin
·         1 buah jeruk nipis, peras airnya
1.       Cara Membuat:
·         Sambal: Panggang semua bahan kecuali garam, tempoyak, mangga dan jeruk nipis. Setelah matang, haluskan, masukkan garam, tempoyak, potongan mangga dan air perasan jeruk nipis.
·         Bersihkan ikan patin, potong-potong dalam ukuran kecil.
·         Campurkan potongan ikan dengan sambal, lalu remas-remas dengan tangan hingga lumat dan rata.
·         Sajian siap dihidangkan.

               http://id.wikipedia.org/wiki/Seruit

No comments:

Post a Comment

 

Clock

Blogger news

Blogroll

Most Reading